Pembelajaran Matematika Dengan Teori Kognitif (Artikel)


Topik Pembelajaran           : Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Kegiatan Pembelajaran      :
Sebelumnya siswa telah diberi pengetahuan baru tentang penyelesaian dari sebuah persamaan linear dua variabel. Untuk pembelajaran selanjutnya, siswa diajak untuk menyelesaikan persamaan linier dua. Misalnya: tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel x + y = 5 dan x – y =1 jika x,y variabel pada himpunan bilangan real. Antara siswa satu dan siswa lainnya mempunyai cara yang berbeda-beda.
Cara 1: menggunakan metode grafik.
Cara 2: menggunakan eliminasi.
Cara 3: menggunakan substitusi.
Cara 4: menggunakan metode gabungan(eliminasi-substitusi).
Cara-cara tersebut sangat tergantung pada pengetahuan yang siswa miliki sebelumnya termasuk didalamnya pemahaman dan pengamalannya. Materi tentang sistem persamaan linear dua variabel merupakan materi pengantar untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi sistem persamaan linear tiga variabel.
Dengan kegiatan seperti diatas guru memberikan kebebasan dan dorongan kepada siswa untuk mandiri dalam menentukan jawaban melalui interaksi spontan dengan diskusi kelompok tanpa adanya penekanan. Dalam pembelajaran ini, yang dinilai tidak hanya hasil belajar melalui tes tetapi juga aktivitas atau proses siswa untuk menemukan jawaban yang diinginkan.

Kelebihan:
  1. Melatih siswa untuk semakin kreatif dan aktif
  2. Melatih siswa lebih mandiri
  3. Dengan keterlibatan siswa secara langsung membuat siswa tidak mudah lupa dengan pengetahuan
Kelemahan:
  1. Materi yang disampaikan oleh guru kurang menyeluruh. Karena lebih menekankan pada keaktifan siswa tidak dipungkiri bahwa ada siswa yang justru pasif dan itu membuat siswa masih sulit memahami dan mengkonstruksikannya

0 Response to "Pembelajaran Matematika Dengan Teori Kognitif (Artikel)"

Posting Komentar